
MA Roudlotul Ulum, Magelang – Tes Kemampuan Akademik (TKA) di Madrasah Aliyah (MA) Roudlotul Ulum telah memasuki hari kedua pelaksanaan pada Selasa, 4 November 2025. Berbeda dari ujian konvensional, TKA kali ini kembali dilaksanakan secara daring (online) penuh menggunakan platform Zoom, sebagai upaya untuk memastikan keamanan dan kelancaran ujian di tengah era digital.
Pelaksanaan TKA ini merupakan bagian dari asesmen standar nasional yang bertujuan mengukur capaian akademik siswa dan dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi atau keperluan beasiswa.
Kepala Madrasah, Sutarti, SE, menyatakan apresiasinya terhadap dedikasi tim pelaksana dan kedisiplinan para siswa. “Pelaksanaan hari kedua ini berjalan sangat baik dan minim kendala. Kami memastikan setiap siswa dapat mengakses ujian dengan lancar dari lokasi masing-masing,” ujarnya.
Pelaksanaan teknis TKA hari kedua dipandu oleh Proktor handal, Agus Muhamad Sufiyan, S.Pd, yang bertugas mengelola sistem ujian berbasis Zoom. Sementara itu, peran pengawasan akademik dijalankan oleh Pengawas TKA, SITI FATIMATAZZAHROK, S.Pd, yang memonitor integritas dan kepatuhan peserta selama ujian berlangsung melalui fitur pengawasan daring.
Kepercayaan terhadap kualitas pelaksanaan TKA di MA Roudlotul Ulum semakin kuat dengan adanya pemantauan langsung dari pihak eksternal. I KETUT AGUS ANGGA dari perguruan tinggi Undiksha (Universitas Pendidikan Ganesha) hadir sebagai Penyelia yang memantau keseluruhan proses, memastikan bahwa pelaksanaan ujian telah sesuai dengan pedoman dan standar operasional yang ditetapkan.
Keterlibatan perguruan tinggi dalam pemantauan ini juga menunjukkan eratnya kolaborasi antara lembaga pendidikan menengah dan tinggi dalam menjamin mutu pendidikan dan kredibilitas hasil TKA.
Diharapkan dengan sistem daring yang terawasi ketat dan dukungan semua pihak, hasil TKA ini dapat menjadi cerminan akurat dari kemampuan akademik siswa MA Roudlotul Ulum, serta bekal penting untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

Beri Komentar